Upajiwa

Apa itu Upajiwa?

Upajiwa adalah panggung seni keluarga besar Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Upajiwa dicetuskan atas dasar kerinduan kepada atmosfer riuh ala FPsiUA. Upajiwa tidak memiliki jadwal tetap, pengadaan upajiwa bergantung penuh kepada pengadanya. Dikarenakan tidak memiliki jadwal tetap, upajiwa bukan merupakan acara rutin seperti halnya acara serupa di FPsiUA. Pengisi atau panampil di upajiwa adalah keluarga besar FPsiUA, aktif maupun de-aktif. Keluarga aktif antara lain jajaran dekanat, dosen, karyawan, staff, mahasiswa aktif, sedangkan de-aktif adalah mantan dosen dan alumni. Upajiwa juga tidak menutup kemungkinan untuk penampil tamu.

Sebagai panggung seni upajiwa tidak memberi batasan kepada pengisi untuk menampilkan apa dan bagaimana. Upajiwa membuka kesempatan selebar-lebarnya selama hal tersebut dapat digolongkan dalam koridor seni. Namun perlu diperhatikan bahwa “apa dan bagaimana” tersebut juga HARUS kami (pengada) kaitkan dengan dampak terhadap sebuah budaya, khususnya psikologi. Penampilan yang “disahkan” di upajiwa adalah penampilan yang berdampak konstruktif terhadap budaya di psikologi, sedangkan penampilan yang mengarah ke destruktifitas budaya akan diarahkan ke wadah lain diluar upajiwa. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu upajiwa, Anda bisa mencoba download proposal upajiwa disini.

Bagaimana Upajiwa bisa terbentuk?

Singkatnya, upajiwa diinspirasi dari cerita tentang bagaimana gambaran atmosfer FPsiUA sekitar tahun 2000. Perubahan dari sekitar tahun 2000 sampai 2012 akhir mendorong pendiri untuk menciptakan sesuatu yang diharap dapat mengembalikan atmosfer tahun 2000 itu. Cerita lebih lengkapnya silahkan baca di page sejarah upajiwa.

Mengapa Upajiwa harus diadakan?

Tidak. Upajiwa tidak harus ada dan diadakan. Semangat kebersamaanlah yang seharusnya selalu ada di lingkungan fakultas. Upajiwa menawarkan hadirnya semangat kebersamaan. Upajiwa menawarkan suatu bentuk kreatifitas, akan selalu ada yang baru di FPsiUA. Upajiwa menawarkan diri sebagai mediator semua komunitas. Dalam tempo 5 bulan upajiwa diadakan, komunitas yang sudah mulai berkembang dalam payung upajiwa antara lain adalah komunitas menulis.

Terima Kasih menyempatkan diri untuk melihat :

.:: Upajiwa ::.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: